Tantang Google, OpenAI Rilis Search Engine Baru


Ilustrasi Search Engine

Ilustrasi Search Engine

OpenAI baru saja memperkenalkan versi uji coba dari mesin pencarinya yang telah lama dinantikan, yang dinamai SearchGPT. Mesin pencari ini diklaim akan mencantumkan sumber informasi, termasuk berita dari mitra bisnis seperti News Corp, induk dari The Wall Street Journal, serta majalah Atlantic. SearchGPT akan merangkum informasi yang ditemukan di berbagai situs web, termasuk situs berita, dan memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan lanjutan, mirip dengan cara mereka berinteraksi dengan chatbot populer OpenAI, ChatGPT. Setiap sumber akan ditautkan di akhir jawaban dalam tanda kurung.

Selain itu, OpenAI menambahkan bilah samping yang memungkinkan pengguna melihat lebih banyak hasil dan sumber informasi relevan. Dengan peluncuran ini, OpenAI meluncurkan tantangan langsung terhadap dominasi Google dalam bidang pencarian, terutama setelah peluncuran ChatGPT pada tahun 2022 yang mengejutkan banyak pihak. Google sendiri telah meluncurkan fitur pencarian AI yang menyintesis informasi dari berbagai sumber web tahun ini.

Perusahaan-perusahaan AI lainnya juga mulai meramaikan persaingan di bidang pencarian, termasuk Perplexity, yang didukung oleh Jeff Bezos dan didirikan oleh mantan karyawan OpenAI. OpenAI menjelaskan bahwa mereka telah bekerja sama dengan penerbit untuk mengembangkan alat pencarian ini. Baru-baru ini, perwakilan OpenAI telah menunjukkan prototipe fitur ini kepada penerbit, yang semakin khawatir tentang bagaimana AI dapat mengubah cara mereka mengelola berita dan pengumpulan informasi di tengah penurunan lalu lintas online.

Penerbit khawatir bahwa alat pencarian berbasis AI dari OpenAI atau Google dapat memberikan jawaban lengkap berdasarkan konten berita, sehingga mengurangi kebutuhan untuk mengklik tautan artikel dan mengurangi lalu lintas online serta pendapatan iklan mereka. Belum jelas seberapa besar lalu lintas yang dapat dihasilkan oleh SearchGPT untuk penerbit. “Kami berharap dapat memahami lebih lanjut tentang perilaku pengguna” selama uji coba, kata juru bicara OpenAI.

Kekhawatiran penerbit terhadap kemitraan teknologi semakin meningkat setelah lebih dari satu dekade berurusan dengan perusahaan teknologi seperti Facebook milik Meta Platforms dan Google, yang perubahan produknya kadang-kadang menyebabkan fluktuasi besar dalam lalu lintas online. Ketakutan mereka semakin diperburuk ketika bulan lalu Perplexity menggunakan kembali cerita dari Forbes untuk salah satu produknya tanpa mencantumkan sumber berita hingga bagian akhir halaman. CEO Perplexity, Aravind Srinivas, menyebut masalah ini sebagai “kerusakan awal” pada produk.

Meskipun demikian, banyak penerbit melihat manfaat dalam menjual akses ke kekayaan intelektual mereka kepada perusahaan AI yang membutuhkan data dan konten dalam jumlah besar untuk mengembangkan sistem AI mereka dan menciptakan produk baru seperti SearchGPT. Selama tahun lalu, OpenAI telah menjalin kemitraan dengan sejumlah penerbit berita terkemuka termasuk Politico, Axel Springer (induk dari Business Insider), Associated Press, Le Monde, Financial Times, dan Dotdash Meredith milik IAC, yang mengelola publikasi seperti People dan Better Homes & Gardens.

Dalam beberapa kesepakatan tersebut, OpenAI telah menawarkan jutaan dolar dalam bentuk uang tunai dan kredit cloud kepada penerbit sebagai imbalan atas hak untuk melatih model AI generatif baru menggunakan karya mereka. Sementara itu, penerbit lain seperti New York Times memilih untuk melawan OpenAI dan Microsoft di pengadilan, menuduh bahwa konten mereka digunakan tanpa izin untuk melatih sistem OpenAI. OpenAI menanggapi bahwa gugatan tersebut tidak berdasar.

Diskusi antara OpenAI dan penerbit mengenai alat pencarian ini banyak berfokus pada bagaimana konten berita mereka akan digunakan dalam jawaban. Pada hari Kamis, OpenAI mengungkapkan bahwa penerbit dapat mengelola bagaimana konten mereka ditampilkan di SearchGPT. Dalam pernyataan resmi OpenAI, CEO News Corp Robert Thomson menyatakan bahwa CEO Sam Altman dan tim OpenAI memahami bahwa pencarian berbasis AI harus mengandalkan “informasi berkualitas tinggi dan terpercaya dari sumber yang dapat dipercaya.”

Saat ini, SearchGPT akan diuji sebagai produk terpisah, tetapi OpenAI berencana untuk mengintegrasikannya dengan layanan ChatGPT mereka di masa depan. Penerbit berita dan pembuat konten akan menjadi salah satu penguji pertama, dan OpenAI akan membuka daftar tunggu bagi pengguna di AS yang ingin mencoba alat ini.


Bagikan artikel ini