Microsoft Optimalkan Layanan Cloud dengan AI OpenAI


Microsoft

Logo Microsoft

Microsoft berhasil menarik perhatian dengan layanan cloud-nya yang terintegrasi dengan teknologi AI OpenAI yang sukses, salah satunya adalah TikTok. Menurut dokumen keuangan internal, per Maret 2022, TikTok yang dimiliki oleh ByteDance menghabiskan hampir $20 juta setiap bulan untuk layanan model AI OpenAI yang diakses melalui Microsoft. Angka ini menyumbang hampir 25% dari total pendapatan Microsoft di sektor ini, dengan pendapatan tahunan diperkirakan mencapai $1 miliar atau sekitar $83 juta per bulan.

Namun, kesuksesan ini menyembunyikan risiko besar: konsentrasi pelanggan yang tinggi. Sementara Microsoft mengandalkan AI dalam kerja samanya dengan TikTok, ByteDance juga memiliki rencana AI-nya sendiri, termasuk pengembangan perangkat lunak untuk menghasilkan dialog dan gambar. Hal ini bisa membuat AI TikTok menjadi lebih canggih dibandingkan yang digunakan oleh Microsoft, yang dapat berdampak negatif pada pertumbuhan pendapatan bisnis cloud Microsoft.

Untuk mengurangi risiko ini, Microsoft berupaya menarik lebih banyak klien korporat seperti Walmart dan penyedia perangkat lunak keuangan, Intuit. Kedua perusahaan ini membayar jutaan dolar setiap bulan untuk mengakses model OpenAI melalui Microsoft. Intuit, misalnya, yang sebelumnya menyewa server dari Amazon, kini menggunakan layanan Microsoft sebagai tanda harapan baru.

Microsoft juga mengadopsi strategi diversifikasi dengan memanfaatkan AI dalam berbagai cara. Layanan cloud mereka tidak hanya terdiri dari Azure OpenAI, tetapi juga mencakup layanan bernama Copilot yang menjual fitur penulisan, pengkodean, dan ringkasan yang didukung AI kepada pelanggan Office 365 dan perangkat lunak perusahaan lainnya. CEO Satya Nadella baru-baru ini mengungkapkan bahwa volume langganan untuk Copilot telah berlipat ganda, dengan pembeli utama termasuk layanan keuangan.

Keberhasilan AI Microsoft tidak hanya dapat dilihat dari kontribusi besar pelanggan seperti TikTok, tetapi juga dari kemampuannya menarik pelanggan dari pesaing seperti Google, Amazon, dan Oracle. Misalnya, TikTok yang awalnya menggunakan layanan cloud dari perusahaan-perusahaan tersebut kini lebih memilih teknologi cloud Microsoft.

Selain itu, Intuit, yang sebelumnya menyewa server dari Amazon, kini menggunakan berbagai fungsi AI untuk memberikan nasihat keuangan kepada pelanggan berdasarkan data mereka. Sejak September, lebih dari 24 juta orang telah menggunakan fungsi ini, dan perusahaan berencana untuk mempercepat investasi di bidang ini pada tahun fiskal berikutnya.

Walmart, salah satu pelanggan terlama dari layanan Azure OpenAI Microsoft, menggunakan teknologi ini untuk memberikan rekomendasi belanja kepada pelanggannya. Sementara itu, G42, pelanggan Microsoft dari Abu Dhabi, menghabiskan jutaan dolar setiap bulan untuk layanan Azure OpenAI dan telah mengumumkan kemitraannya dengan OpenAI untuk menciptakan AI bagi pelanggan Timur Tengah.

Namun, beberapa ketidakpastian masih ada. Tidak jelas apakah Walmart atau TikTok menggunakan teknologi ini untuk meningkatkan model AI mereka sendiri. Jika mereka melakukannya, pengeluaran mereka untuk produk Microsoft mungkin akan berkurang setelah teknologi mereka matang. Meskipun OpenAI melarang penggunaan teknologinya untuk menciptakan model AI yang bersaing, banyak pelanggan tetap melakukannya dan OpenAI tampaknya mentoleransi praktik ini.

Laporan tahun sebelumnya menyebutkan bahwa ByteDance melatih model AI internalnya menggunakan model GPT-4 OpenAI dengan meminta chatbot-nya menghasilkan potongan teks yang kemudian dimasukkan ke dalam model ByteDance. ByteDance menanggapi dengan mengatakan bahwa mereka hanya "sangat terbatas" menggunakan pendekatan OpenAI.

Untuk mengurangi risiko terkait konsentrasi pelanggan yang tinggi, Microsoft sedang berupaya meningkatkan basis pelanggan dan sumber pendapatannya. Meski sangat bergantung pada klien besar seperti TikTok, Microsoft harus menarik dan mempertahankan lebih banyak klien besar untuk memenuhi harapan pasar. Dengan harapan bahwa investasi ini suatu hari nanti akan membuahkan hasil, perusahaan telah menginvestasikan miliaran dolar ke dalam teknologi dan server pusat data OpenAI.

Laporan keuangan Microsoft yang dipublikasikan pada hari Selasa mengungkapkan peningkatan pendapatan cloud sebesar 29% untuk kuartal kedua, yang lebih rendah dari ekspektasi pasar. Hal ini diikuti oleh penurunan harga saham Microsoft lebih dari 7%, yang juga mempengaruhi saham teknologi lainnya seperti Amazon, Datadog, dan Snowflake. Meskipun terjadi penurunan, Microsoft tetap optimis dan mengantisipasi lonjakan pendapatan Azure pada tahun berikutnya.

Selain itu, Microsoft menjual persentase pendapatan dari model AI langsung ke perusahaan, dengan angka tahun ini secara tak terduga melampaui layanan OpenAI Azure. Microsoft juga menghasilkan miliaran pendapatan tahunan dengan menyewakan server kepada OpenAI, memungkinkan startup tersebut menjalankan ChatGPT dan mengembangkan teknologi terkait, meskipun tidak memiliki margin keuntungan yang tinggi dari ini.


Bagikan artikel ini